Comments

Senin, 29 September 2014

Makna Pemasaran dan Penjualan

Posted by at 05.25 Read our previous post
Bismillah..

MAKNA PEMASARAN

Makna pemasaran tidak terbatas pada dunia bisnis saja, artinya tidak hanya untuk kepentingan bisnis tetapi inti pemasaran yaitu terjadinya transaksi atau tukar menukar yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan (needs) dan keingiinan (want).

Sedangkan arti dari Pemasaran yaitu setiap hubungan antar individu atau antar organisasi yang melibatkan "tukar menukar" atau "transaksi"

Perspektif Kemasyarakatan, Cakupan Pemasaran yaitu :
  • Para Pemasar (Marketer : partai politik, direktur, serikat buruh,  dll)
  • Apa yang mereka pasarkan (produk, jasa, gagasan, manusia, tempat, dll)
  • Potensi Pasar (konsumen, masyarakat, perusahaan bisnis, pemerintah, dll)
Pemasaran dalam lingkup bisnis, cakupannya :
  • menyelidiki apa yg diinginkan konsumen
  • merencanakan dan mengembangkan sebuah produk/jasa yang memenuhi keinginan dan kebutuhan
  • Memutuskan harga, mempromosikan, mendistribusikan produk/jasa tersebut
Jadi pemasaran memiliki beberapa point pengertian sebagai berikut :
  • Sebuah sistem dari kegiatan bisnis
  • Dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan
  • sesuatu yang bernilai berupa barang-barang dan jasa-jasa yang dapat memuaskan keinginan/kebutuhan
  • Demi maslahat (benefit) melalui pasar, para konsumen dan pemakai
PERBEDAAN PEMASARAN DAN PENJUALAN

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

Secara singkat, pemasaran terdiri dari banyak macam pekerjaan yang cakupannya luas, bersifat strategis dan berorientasi jangka panjang. Menurut rangkuman para ahli, Pemasaran adalah proses mempelajari, menciptakan, mengkomunikasikan, dan mengantarkan nilai-nilai (brand, manfaat, keunggulan, keunikan) suatu produk/layanan kepada masyarakat luas, khususnya kepada orang-orang yang didefinisikan akan membutuhkan produk tersebut.

Sedangkan penjualan adalah kegiatan yang lebih spesifik, ruang lingkupnya lebih sempit, lebih antara hubungan personal/pribadi yang bersifat hubungan transaksional secara langsung dalam waktu yang lebih singkat. Singkatnya, Penjualan adalah proses menawarkan, memperkenalkan, menggugah minat, membujuk rayu dan diakhiri dengan konversi + transaksi seseorang atau sekelompok orang menjadi pembeli atau pelanggan, khususnya orang-orang yang telah didefinisikan sebagai target market ideal dalam strategi pemasaran.
Seseorang dari bagian pemasaran belum tentu jago membujuk rayu lalu mengkonversi prospek menjadi pembeli. Begitu juga sebaliknya, seorang dari bagian penjualan belum tentu jago melakukan riset, merencanakan program-program pemasaran seperti riset pasar, mendefinisikan target dan strategi bisnis jangka serta berbagai pekerjaan lain yang tidak berhubungan tatap muka langsung dengan prospek.
Strategi pemasaran yang baik akan mempermudah bagian penjualan dalam melakukan pendekatan, canvasing hingga closing deal jual-beli karena sebelumnya sang prospek sudah mengenal dan diyakinkan oleh program-program pemasaran seperti informasi produk melalui iklan, poster, dan informasi online di internet/website.

Credit : 
Prof. Dr. Ir. Endang Siti Rahayu, Ms.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

© AGRIBISNIS UNS is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template