Comments

Senin, 29 September 2014

Contoh Soal KEWIRAUSAHAAN (KD1)

Posted by at 06.03 Read our previous post
Halo guys.. sudah cukup lama tidak saya update ni blog, jujur saja saya ini termasuk orang yang pemalas dan tidak disiplin makanya kalau lagi mood atau tidak ada kerjaan aja baru deh inget kalau punya blog haha. Sikap pemalas dan tidak disiplin merupakan hal yg buruk dalam diri saya, bagiamana hal ini akan berdampak pada saya nantinya? bisakah hal-hal buruk tersebut diatasi? untuk mengetahui jawabannya, mari kita diskusikan dibawah yg termasuk dalam bahasan kita kali ini... Hemm sori sebelumnya kalau kalimat saya saya acak-acakan atau menggunakan bahasa yg aneh mungkin? haha sudahlah memang saya bukan ahli bahasa yg pandai merangkai kata-kata..

Kesempatan kali ini, saya ingin share soal ukd 1 mata kuliah KEWIRAUSAHAAN (semester 4) yang diampu oleh R. Kunto Adi, S.P, M.P., kenal donk pastinya kalau anak agribisnis uns sama dosen itu.
Maksud dan tujuan saya disini share soal ukd tersebut karena pertanyaan/soalnya yg saya nilai cukup menarik untuk dibahas dan dijawab (jujur saja waktu itu saya mengarang bebas ngerjainnya sesuai imajinasi otak #jangan ditiru), makanya rasa penasaran saya meluap luap yg daripada tumpeh mending ditampung di blog aja, ya toh? :p


  1. Jelaskan mengapa perlu pengembangan kewirausahaan di Perguruan Tinggi dan apa tujuan yang akan dicapai dengan adanya pengembangan kewirausahaan di Perguruan Tinggi tersebut?
  2. Sikap mental yang negatif terhadap diri sendiri dan orang lain akan mempengaruhi pengembangan diri seseorang. Jelaskan apa yg dimaksud dengan pernyataan diatas dan bagaimana mengatasi hal tersebut agar seseorang dapat mengembangkan dirinya secara baik?
  3. Jelaskan apa pentingnya analisis diri dalam pengembangan diri seseorang wirausaha dan upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan  dalam pengembangan diri seseorang wirausaha terkait dengan hasil analisis diri tersebut?
  4. Jelaskan mengapa dalam pengembangan diri, kita harus mempunyau konsep diri yang jelas dan upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan dalam pengembangan konsep diri seorang wirausaha?
JAWAB:

Untuk menjawab pertanyan nomor satu, alangkah lebih baik jika kita mengetahui apa itu wirausaha dan kewirausahaan?
  • Wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya atau hidupnya. Ia bebas merancang, menentukan mengelola, mengendalikan semua usahanya.
  • Sedangkan kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain.
Mengapa perlu pengembangan kewirausahaan di Perguruan Tinggi?
  1. memberikan sikap mental yg positif terhadap mahasiswa
  2. mempunyai keahlian dan ketrampilan wirausaha
  3. mampu membuka lapangan pekerjaannya sendiri
................................posting yang tertinggal dan tidak selesai................................................

silakan untuk pertanyaan selanjutnya dijawab sendiri, insyaallah bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© AGRIBISNIS UNS is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template