Posted by zamedaku at 06.02
Read our previous post
- Kemitraan adalah suatu strategi bisnis yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dalam jangka waktu tertentu untuk meraih keuntungan bersama dengan prinsip saling membutuhkan dan saling membesarkan.
- Kemitraan adalah suatu rangkaian proses yg dimulai dengan mengenal calon mitranya, mengetahui posisi keunggulan dan kelemahan usahanya, memulai membangun strategi, melaksanakan dan terus menerus memonitor dan mengevaluasi sampai target sasaran tercapai.
- Sehingga yang menjadi titik tolak kemitraan adalah memiliki dasar ETIKA BISNIS yang dipahami bersama
Enam dasar etika bisnis :
- Karakter, Integritas dan Kejujuran
- Karakter : sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain
- Integritas : sifat atau keadaan yg menunjukkan kesatuan yg utuh sehingga memiliki potensidan kemampuan yg memancarkan kewibawaan
- Kejujuran : ketulusan hati dan merupakan sikap dasar yg harfiah dimiliki manusia
- Kepercayaan
adalah anggapan atau keyakinan bahwa sesuatu yg dipefcaya itu benar-benar atau nyata - Komunikasi yang Terbuka
yaitu suatu rangkaian proses dimana suatu informasi dipertukarkan secara transparan - Adiladalah suatu tindakan yang tidak memihak dan tidak berat sebelah atau seimbang
- Keinginan Pribadi dari Pihak yang Bermitra
sampai sejauh mana kemampuan untuk memanfaatkan keinginan (nilai tambah) memperkuat keunggulan-keunggulan yang dimilikinya - Keseimbangan antara insentif dan Resikoartinya pihak-pihak yang bermitra harus memikul beban resiko yang dihadapi bersama selain menikmati keuntungan secara bersama
- Simpati
suatu perasaan yg dialami oleh perusahaan untuk memandang perusahaan lain yg perlu dikasihi, perlu dibantu, didukung tetapi tidak mencari penyebabnya mengapa seperti itu - Empati
perasaan yg mengakui perbedaan dan ikut merasakan perbedaan tersebut - Komitmen
merasa bagian dalam komunitas yang lebh luas dan rela untuk bekerjasama secara fungsional dengan komunitas
- Memulai membangun hubungan dengan calon mitra = memilih mitra yg tepat
- Mengerti kondisi bisnis pihak yang bermitra (kemampuan manajemen, penguasaan pasar, teknologi, permodalan, SDM) = memudahkan penyusunan langkah/strategi
- Mengembangkan strategi dan menilai detail bisnis (strategi pesaran, strategi dsitribusi, operasional, informasi)
- Mengembangkan program = rencana taktis dan strategi yang akan dilakukan dengan mengkomunikasikan dengan orang yang terlibat
- Memulai pelaksanaan = memulai pelaksanaankemitraan berdasarkan ketentuan yg disepakai
- Memonitor dan mengevaluasi
- memonitor : agar terget yg ingin dicapaimenjjadikenyataan
- mengevaluasi : untuk perbaikan pelaksanaan berikutnya
- Membangun citra lembaga yg baik
- Fokuskan kepada kualifikasi lembaga dan bukan hanya nama lembaga
- Berkaitan dengan apa yang kita tawarkan dan bukan apa yg kita dapatkan
- Mengembangkan kemampuan "mendengar"
- Mengembangkan kemampuan "bertanya"
- Menepati janji, bukan mengobral janji
- Menciptakan semangat saling memberi dan membagi informasi
- Setiap pihak membutuhkan layanan khusus
- Menangkap pesan implisit
- Melestarikan kontak
- Membuat sistem jaringan
- Lembaga harus ditampilkan dan dikenalkan
- Pihak lain akan melihat apa yang bisa kita berikan dan tawarkan dan bukannya apa yang bisa kita dapatkan
- Menampilkan saat moment yang tepat
- Berusaha untuk hadir pada kegiatan jaringan
- Lembaga diperankan aktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar